PERKEMBANGAN JANIN USIA 24 MINGGU

 Proses perkembangan janin di mulai dengan perkembangan embrio melalui pembelahan hasil konsepsi yang kemudian berkembang menjadi fetus di mulai pada usia 8 minggu, dalam topik ini akan di bahas mengenai perkembangan fetus tersebut pada usia kehamilan 6 bulan yang mencakup usia 21-24 minggu. Pada usia ini janin masih sangat kecil, garis-garis sudah tampak pada telapak tangan dan ujung-ujung jarinya. Sistem pendengaran belum berkembang walaupun belum sepenuhnya berfungsi. Proses pembentukan tulang terus berlanjut sehingga tulang janin semakin kuat. Panjang janin 33 cm dan beratnya 570 gr.

Janin sudah tidak bisa bergerak leluasa, karena seluruh ruangan dalam rahim telah terisi atau penuh. Janin akan berada pada posisi meringkup, dengan tangan didepan dagu dan kaki didepan dada. Walaupun sisitem organ belum verfungsi sepenuhnya, namun janin mampu mendengarkan suara-suara dari luar, dan mampu merasakan apa yang dirasakan ibu, bila ibu merasa stres, cemas, kesal, sedih, atau bahagia janin akan merasakan hal yang sama, kondisi ini disebabkan hormon adrenalin yang diproduksi ibu dapat menembus plasenta sehingga mempengaruhi kondisi emosi bayi. Si ibu dapat merasakan bagian-bagian tubuh janin yang berlainan dengan menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu meregang dan kadang ibu merasakan sakit dibagian perut.

MINGGU KE-21

sarihusada.co.id

Beratnya sekitar 350 gram dengan panjang kira-kira 18 cm. Pada minggu ini, berbagai sistem organ tubuh mengalami pematangan fungsi dan perkembangan.Dengan perut yang kian membuncit dan keseimbangan tubuh yang terganggu, bukan saatnya lagi melakukan olahraga kontak seperti basket yang kemungkinan terjatuhnya besar. Hindari pula olahraga peregangan ataupun yang bersikap kompetitif, semisal golf atau bahkan lomba lari.

MINGGU KE-22

 

bidpend.blogspot.com

Dengan berat mencapai taksiran 400-500 gram dan panjang sekitar 19 cm, si ibu kian mampu beradaptasi dengan kehamilannya. Kekhawatiran bakal terjadi keguguran juga sudah pupus. Tak heran bila ibu amat menikmatinya karena keluhan mual-muntah sudah berlalu dan kini nafsu makannya justru sedang menggebu, hingga ia mesti berhati-hati agar tak terjadi pertambahan berat badan yang berlebih.Ciri khas usia kehamilan ini adalah substansi putih mirip pasta penutup kulit tubuh janin yang disebut vernix caseosa. Fungsinya melindungi kulit janin terhadap cairan ketuban maupun kelak saat berada di jalan lahir. Di usia ini pula kelopak mata mulai menjalankan fungsinya untuk melindungi mata dengan gerakan menutup dan membuka. Jantung janin yang terbentuk di minggu ke-5 pun mengalami “modifikasi” sedemikian rupa dan mulai menjalankan fungsinya memompa darah sebagai persiapannya kelak saat lahir ke dunia.

MINGGU KE-23

ebyinfo.co.cc

Tubuh janin tak lagi terlihat kelewat ringkih karena bertambah montok dengan berat hampir mencapai 550 gram dan panjang sekitar 20 cm. Kendati begitu, kulitnya masih tampak keriput karena kandungan lemak di bawah kulitnya tak sebanyak saat ia dilahirkan kelak. Namun wajah dan tubuhnya secara keseluruhan amat mirip dengan penampilannya sewaktu dilahirkan nanti. Hanya saja rambut lanugo yang menutup sekujur tubuhnya kadang berwarna lebih gelap di usia kehamilan ini.

 

MINGGU KE-24

http://www.ahliwasir.com/page.php%3Ffet…lgrowth1

 

Janin pada usia 24 minggu (6 bulan), makin terlihat berisi dengan berat yang diperkirakan mencapai 600 gram dan panjang sekitar 21-23 cm. Rahim terletak sekitar 5 cm di atas pusar atau sekitar 24 cm di atas simfisis pubis/tulang kemaluan. Kelopak-kelopak matanya kian sempurna dilengkapi bulu mata. Dari minggu ke 24 dan seterusnya, fetus akan menendang dalam merespon rangsangan, pendengarannya berfungsi penuh. Terbukti, janin mulai bereaksi dengan menggerakkan tubuhnya secara lembut jika mendengar irama musik yang disukainya. Begitu juga ia akan menunjukkan respon khas saat mendengar suara-suara bising atau teriakan yang tak disukainya. Kulit keriput karena lemak subkutan yang sedikit, lanugo menjadi lebih gelap dan vernix caseosa meningkat. System musculoskeletal, system sirkulasi pembentukan darah meningkat dalam sumsum tulang dan menurun dalam hepar, system gastrointestinal, system pernapasan sakus dan duktus alveolus terbentuk, gerakkan seperti pernapasan mulai terlihat, terlihat lesitin dalam cairan amnion, system renalis, system persyarapan  terbentuk selaput khusus korteks serebri proliferasi neuronal pada korteks serebri berakhir, organ-organ pengindra, sisitem genitalis, testis turun pada cincin inguinal dalam posisi desenden ke skrotum.


DAFTAR PUSTAKA

Irwan,2008, Pertumbuhan janin trimester 2  kategori tumbuh kembang, http:// dokteranakku.com// 6 februari

Wiknjosastro Hanifa, 2007, Ilmu Kebidanan, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo: jakarta

Manuaba, 1998, Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan, EGC: Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s